Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila

Hari Kamis, 1 Juni 2022 bertempat di Lapangan Upacara Sekolah semua siswa dan guru mengikuti upacara peringatan Hari Lahir Pancasila, dengan tema: ”Penanaman nilai-nilai Pancasila pada kehidupan santri”.

Hari Lahir Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Juni karena pada 1 Juni 1945, Soekarno pertama kalinya menyebut istilah Pancasila dalam pidatonya di Sidang BPUPKI Pertama. Lahirnya Pancasila memang tidak lepas dari sidang yang dilakukan Badan Penyelidik Usaha-Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI). BPUPKI pertama kali dibentuk oleh Jepang pada 29 April 1945, yang bertujuan untuk menarik simpati masyarakat Indonesia. Lewat BPUPKI, Jepang berjanji akan memberikan kemerdekaan kepada Indonesia. Setelah dibentuk, BPUPKI melaksanakan sidang pertama yang berlangsung sejak tanggal 29 Mei-1 Juni 1945. Sidang Pertama BPUPKI diketuai oleh Dr. Radjiman Wedyodiningrat. Dalam sidang ini, para anggota membahas mengenai rumusan dasar negara Indonesia.

Terdapat tiga tokoh yang memaparkan rumusan dasar negara, yaitu Mohammad Yamin, Soepomo, dan Soekarno. Baca juga: Sejarah Perumusan Pancasila Pada 1 Juni 1945, ketika hari terakhir Sidang BPUPKI Pertama, Soekarno menyampaikan pidato, yang kemudian menandai lahirnya dasar negara NKRI, yaitu Pancasila. Itulah mengapa, setiap tanggal 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, karena lima pilar yang menjadi dasar berdirinya Indonesia pertama kali dikemukakan oleh Soekarno pada 1 Juni 1945. Dari rumusan dasar negara yang dipaparkan tiga tokoh, milik Soekarno yang paling diterima oleh seluruh anggota sidang. Hasil Sidang Pertama BPUPKI adalah lahirnya rumusan dasar negara Indonesia yang disebut Pancasila, terdiri atas lima sila,

 

 

Loading

95 thoughts on “Upacara Memperingati Hari Lahir Pancasila”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Open chat
1
Butuh Bantuan ?
Assalamuaiakum.
ada yang bisa kami bantu ?