Wisuda Santri di Pondok Pesantren Pagelaran 3 Subang

Subang  – Pondok pesantren merupakan salah satu lembaga pendidikan Islam tradisional di Indonesia yang memegang peranan penting dalam pembentukan karakter dan keilmuan para santrinya. Setiap tahun, momen istimewa tiba ketika para santri yang telah menyelesaikan pendidikan mereka merayakan keberhasilan mereka melalui upacara wisuda.

 

Salah satu pondok pesantren yang baru-baru ini menyelenggarakan acara wisuda adalah Pondok Pesantren Pagelaran 3 yang terletak di Kecamatan Cisalak Kabupaten Subang. Acara ini tidak hanya merupakan penanda berakhirnya masa pendidikan santri, tetapi juga sebagai bentuk apresiasi atas perjuangan mereka dalam menyelesaikan tahapan belajar di pondok pesantren.

 

Tahun ini Jumlah Wisudawan terdiri dari :
– SMA Plus Pagelaran: 56 Orang
– SMK Plus Pagelaran: 22 Orang
– SMP Plus Pagelaran: 130 Orang

 

Wisuda di Pondok Pesantren Pagelaran 3 diselenggarakan dengan khidmat dan meriah. Acara ini dihadiri oleh seluruh keluarga santri, tokoh masyarakat setempat, serta para pengurus dan guru pondok pesantren. Para santri yang akan diwisuda mengenakan pakaian seragam pesantren lengkap dengan peci, menunjukkan kekompakan dan kesatuan dalam keberagaman.

Acara  dihadiri oleh para pimpinan Ponpes Pagelaran 3 Subang diantaranya KH Arie Gifary, KH. Asep Asrofil  Alam, KH. Dandy Sobron M,  dimulai dengan sambutan dari Ketua Yayasan Sosial dan Pendidikan Islam (YASODIKI) Ponpes Pagelaran 3 Ibu Hj. Shofie Maryam yang mengucapkan selamat kepada para wisudawan dan menyampaikan harapan-harapan untuk masa depan mereka. Ceramah yang menginspirasi tentang pentingnya ilmu pengetahuan dan nilai-nilai keislaman juga disampaikan untuk memberi motivasi bagi para wisudawan dalam menjalani kehidupan selanjutnya.

Salah satu momen paling ditunggu-tunggu adalah penyerahan ijazah kepada para santri yang telah menyelesaikan semua tahapan pendidikan di pondok pesantren. Penyerahan dilakukan secara langsung oleh setiap kepala Pendidikan formal (SMA/K/P Plus Pagelaran), yang memberikan kesempatan untuk setiap santri merasakan kebanggaan atas capaian akademisnya.

 

Di akhir acara, pimpinan pondok pesantren menyampaikan pesan-pesan penting untuk para wisudawan. Mereka diajak untuk terus mengembangkan ilmu pengetahuan dan menjadikan agama sebagai pedoman utama dalam hidup mereka, serta memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan bangsa.

Wisuda di Pondok Pesantren Pagelaran 3 bukan hanya sekadar penutup masa pendidikan formal, tetapi juga sebagai awal dari perjalanan baru menuju kehidupan yang lebih dewasa dan bertanggung jawab. Momen ini tidak hanya memberi penghargaan kepada para santri atas usaha mereka, tetapi juga sebagai bagian dari upaya mempertahankan dan mengembangkan tradisi keilmuan Islam di Indonesia.

 

Acara wisuda di Pondok Pesantren Pagelaran 3 adalah bukti nyata komitmen lembaga dalam mendidik dan membentuk karakter santrinya secara holistik. Dengan adanya acara ini, diharapkan setiap santri dapat menjadi agen perubahan yang membawa manfaat bagi lingkungan sekitar, serta menginspirasi generasi penerus dalam mencapai cita-cita mereka dalam bingkai ilmu pengetahuan dan spiritualitas Islam.

Loading

Open chat
1
Butuh Bantuan ?
Assalamuaiakum.
ada yang bisa kami bantu ?